KAPITALISME

Alam yang melimpah di negeri Papua selalu menjadi target negara-negara lain yang mau memonopoli kekayaan alam di Bumi Cendrawasih. Sebagai salah satu lungs dunia, alam Papua memang harus dilestarikan, bermula dari kemerdekaan negara Indonesia, Papua sudah terlihat menjadi rebutan antara Indonesia dengan negara lain. Kekayaan alam memang menjadi target banyak negara yang ingin mengeksploitasi demi kemajuan bangsanya atau kelompoknya.
Pemanfaatan propertie Papua seharusnya dilakukan tanpa cara eksploitasi yang tidak baik. Penerapan mega proyek tambang yang dapat merusak alam juga harus dipikirkan lebih lanjut. mega proyek tambang yang terdapat di Papua yaitu PT Freeport. Hasil dari proyek tambang tersebut sebagian besar dibawa oleh PT Freeport dan hanya sebagian kecil saja diberikan ke pemerintah. “Sungguh membuat hati tak sahdu”, sangat tidak rasional apabila Papua dieksploitasi secara besar-besaran kekayaan alamnya nantinya yang menikmati hasilnya adalah negara barat-barat yang mana masih menganut pemahaman kapitalisme.
Masyarakat Papua menjadi korban dari kapitalisme yang terus-menerus menggerus kekayaan tanah kelahirannya untuk kepentingan yang tidak dapat dinikmati secara nyata oleh masyarakat Papua tersebut. Dampak dari eksploitasi sumber daya alam tersebut antara lain kepada kesehatan, gangguan alam akibat galian tambang, konflik dengan pihak PT Freeport dan ketidakpercayaan masyarakat papua terhadap pemerintah Republik Indonesia (net).
Salah satu pemicu dari konflik ini adalah ketika Papua ingin berpisah dari NKRI, terjadilah perebutan dan semacamnya, dan juga kita sebagai warga negara Indonesia harus mendukung apa sebenarnya yang di inginkan masyarakat Papua, diantaranya adalah Pendidikan, kesejahteraan hidup, keadilan ekonomi – Kesenjangan ekonomi juga menjadi pemicu terjadinya berbagai jenis kesenjangan dan keterpurukan dan lain sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s