Fatwa larangan poligami Muhammad Abduh

1. Berikut adalah kultwitku ttg fatwa Muhammad Abduh (1849-1945) ttg larangan poligami. #antipoligami
2. Abduh adlh tokoh pembaharuan Islam Mesir yg luas pengaruhnya, juga ke negeri kita. Ia pernah jadi grand mufti Mesir. #antipoligami
3. Di antara fatwanya adlh soal poligami, yg lalu dimuat muridnya Rashid Rida di mjlh Al Manar pd 1927. #antipoligami
4. Fatwanya: yajuz lil hakim aw li sahibiddin an yamna’ ta’addud alzaujat shiyanatan lil buyut ‘anil fasad ri’ayatan lil mashlahah al ‘ammah
5. Fatwanya: Boleh bagi hakim/pemimpin agama melarang poligami utk mencegah kerusakan rumahtangga demi maslahat umum. #antipoligami
6. Bagaimana Abduh bisa sampai pada fatwa larangan poligami? Apa argumen dan dalilnya? #antipoligami
7. Perlu ditegaskan bahwa dlm memahami Qur’an, Abduh menekankan pentingnya tahu hikmah/alasan di balik ayat2 suci. #antipoligami
8. Abduh percaya, wahyu dan akal sama2 dari Allah, tak mungkin bertabrakan. Ini sejalan dgn Ibnu Rushd. #antipoligami
9. Bgmn jika tampaknya ada ayat2 Qur’an yg bertentangan dgn akal? Mnrt Abduh: yg dimaksud ayat tsb pasti selain arti harfiah #antipoligami
10. Abduh juga sangat hati2/kritis dlm memakai hadits2 ahad, meski sahih. kecuali hadits mutawatir, yg sedikit jumlahnya. #antipoligami
11. Soal Abduh n hadits akan saya bahas terpisah. Ttg pemikiran Abduh, simak tulisanku “Salafisme mnrt Abduh:” http://t.co/SsNtMsRaQN
12. Kembali ke soal fatwa antipoligami. Kita mesti memahami dulu bgmn Abduh mendefinisikan pernikahan. #antipoligami
13. Abduh mengkritik definisi fiqh ttg nikah yg menurutnya reduksionis, yakni sbg akad yg dengannya laki2 halal ber-ML dgn perempuan.
14. Bagi Abduh, definisi fiqh tsb tak menampung hakekat nikah mnrt QS 30:21 sakinah, mawaddah, rahmah. #antipoligami
15. Tiga konsep tsb bagi Abduh bukan hanya himbauan, tapi inti dari nikah: cinta antara dua insan. tak semata sex. #antipoligami
16. Abduh juga menegaskan, peempuan dan laki2 mesti setara dlm hak dan kewajiban, sesuai Qur’an— #antipoligami
17. Walahunna mitslu alladzi ‘alaihinna bil ma’ruf (QS 2: 228). Bgmn itu bisa terealisir? #antipoligami
18. Utk merealisirnya, muslimah mesti sadar akan hak2nya. Dan itu mengandaikan pemberayaan mereka via pendidikan. #antipoligami
19. Makanya Abduh sangat mendukung pendidikan utk perempuan, agar mandiri dan sadar akan kesetaraan hak dan kewajibannya. #antipoligami
20. Nah bgmn dgn poligami? Abduh membahasnya dari aspek doktrinal dan historis. #antipoligami
21. Dlm membahas QS 4:3 yg membolehkan poligami, Abduh menegaskan ayat itu muqayyad (bersyarat), yakni keadilan. #antipoligami
22. Tp ada ayat lain, QS 4: 129 yg bilang laki2/suami gak akan bisa adil meski mereka sangat ingin. #antipoligami
23. Mnrt Abduh, ayat poligami yg bersyarat keadilan mesti dipahami dlm kaitan dgn ayat yg bilang suami gak mungkin bisa adil. #antipoligami
24. Dlm tinjauan historis, Islam datang ketika poligami sudah melembaga, tak hanya di dunia Arab tp juga di tempat lain. #antipoligami
25. Di Arab, laki2 kaya dan berpengaruh bisa aja berpoligami tanpa batas. Nah ketika Islam datang, tak mungkin sekaligus menghapusnya.
26. Islam lalu membatasi jumlahnya, dari tak terbatas menjadi maks 4. Tp hakekatnya mengekang poligami, bukan mengumbarnya. #antipoligami
27. Jadi mnrt Abduh, sikap dasar Islam ttg poligami adlh membatasi dan mengekangnya, bukan malah merayakannya. #antipoligami
28. Abduh mengutip contoh terkenal ttg Ghayan yg masuk Islam dgn 10 istri, lalu Nabi minta dia utk bertahan dgn 4, mencerai sisanya.
29. Tapi pembatasn yg paling mendasar adalh pada syarat suami utk adil, yg mnrt Qu’an tak bakal mampu. #antipoligami
30. Abduh mengkritik pendapat sejumlah ulama yg melihat faktor keadilan sbg sekedar himbauan utk suami yg mau poligami. #antipoligami
31. Abduh juga mengkritik pendapat yg memahami keaidlan sbg semata2 pemerataan soal materi dan seks. #antipoligami
32. Bagi Abduh, pandangan semacam itu mereduksi hakekat keadilan, yg timbul krn definisi sempit fiqh ttg pernikahan spt saya sebut tadi.
33. Pdhl mnrt Abduh, Qur’an sendiri mengartikan pernikahan sbg kasih, cinta, dan ketentraman. Dan itu tak mungkin dibagi. #antipoligami
34. Kata Abduh: tak ada perempuan terhormat dan berakal sehat yg mau membagi suaminya dgn peempuan lain, sbgmn suami juga tak mau begitu.
35. Berdasar syarat mutlak keadilan itulah mnrt Abduh kebolehan poligami mesti dikritisi. #antipoligami
36. Abduh mengakui memang ada sedikit orang yg bisa betul2 adil, seperti Nabi dan Para Sahabat. Tapi kita kan bukan mereka. #antipoligami
37. Apalagi pd masanya, Abduh menyaksikan bgmn praktek poligami di Mesir secara luas disalahgunakan.
38. Abduh mencatat, poligami menyebabkan pemusuhan antar istri, pemuasan sepihak laki2, dan anak2 jadi korban. #antipoligami
39. Dgn kata lain, poligami terbukti membawa mafsadah (kerusakan) pd rumahtangga, yg ujungnya merusak tatanan sosial. #antipoligami
40. Pdhl tujuan utama syariah adlh utk menegakkan kemaslahatan dan menghapus mafsadah (kerusakan). #antipoligami.
41. Dari situlah kemudian lahir fatwa Abduh ini: “Jika poligami disyaratkan adil, dan adil itu gak mungkin, dan—
42. –mungkin hanya satu dari sejuta orang yang bisa adil dlm poligami, maka atas dasar pertimbangan kemaslahatan umum–
43.– hakim (pemerintah)/ pemimpin agama boleh mengeluarkan larangan poligami demi mencegah kerusakan yg meluas pd rumahtangga muslim.
44. Abduh kasih satu pengecualian: bila istri terbukti mandul, suami boleh berpoligami, asal atas persetujuan istri dan seijin hakim.
45. Walhasil, fatwa Abduh ttg larangan poligami berpijak pada prinsip maslahat, yg adlh tujuan utama syariah.
46. Selain Abduh, pandangan yg keras menentang poligami dilontarkan Fazlur Rahman, gurunya Cak Nur dan Buya Syafii Maarif di Chicago.
47. Mnrt Rahman, ajaran Islam mesti dibedakan antara bunyi hukum yg situasional dan konsep etikanya yg permanen.
48. Mnrt Rahman, institusi poligami sudah ada sblm Islam. Islam sejatinya pro monogami, tapi gak bisa langsung menghapus poligami sekaligus.
49. Bukti bahwa Islam pro monogami: persyaratan keadilan yg sangat tegas, yg mustahil dipenuhi suami.
50. Nah kalau memang Islam itu hakekatnya mengarah ke monogami, bgmn status ayat yg membolehkan poligami? #antipoligami
51. Utk menjawab soal itu, Rahman menganalogikan ayat poligami dgn ayat2 perbudakan di Qur’an.
52. Perbudakan sudah ada sblm Islam. Islam hakekatnya anti perbudakan. Tapi Qur’an Sunnah sama sekali tak menegaskan larangan perbudakan.
53. Tapi tak menegaskan larangan bukan berarti setuju, krn Islam banyak sekali menganjurkan pembebasan budak.
54. Islam tak eksplisit mengeluarkan larangan perbudakan karena realita sosial pd abad 7 M tak memungkinkan itu. Sama dgn poligami.
55. Tapi bukan berarti Islam merayakan perbudakan. Bukti: ketika peradaban sampe pd larangan perbudakan, lahir ijma’ utk anti perbudakan.
56. Tp kita tahu, ayat2 perbudakan masih tetap ada di Qur’an. Atasa dasar itulah Rahman menganalogikannya dgn ayat poligami.
57. Jangan salah. Rahman sama seklai tak menyamakan poligami dgn perbudakan. Yg dia analogikan itu cara kita bersikap thd ayat2 ttg itu.
58. Pandangan Rahman itu termaktub dlm bukunya, Major Themes of the Qur’an (udah diterjemahkan).
59. Sekian kultwit saya ttg #antipoligami. Wallahu a’lam bi al-shawab.

Sumber: http://chirpstory.com/li/181506

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s