Al-Qur’an

Langkah strategis dajn jitu dalam menghafal apapun khususnya Al-Qur’an karena ini berasal dari sebuah empirism ketika saya menghafal.

1 . IKHLAS = من تعلم علما مما يبتغى به وجه الله عز و جل لايتعلمه الاليصيب به عرضا من الدنيا لم يجد عرف الجنة يوم القيامة يعني ريحها

” Barangsiapa mempelajari suatu ilmu yang seharusnya ia harapkan ridho Alla Azza Wa Jalla dengan imu itu, namun ia tidak mempelajarinya kecuali untuk memperoleh harta benda dunia, maka ia tidak akan mencium wangi surga pada hari kiamat. ”  ( HR. ABU DAWUD )

* ISTIQOMAH MEMBACA AL-QUR’AN = di manapun kondisi n situasinya dia tetap mengumamkan ayat-ayat , baik dalam perjalanan.dll

* SHOLAT MALAM = Bacalah dengan secara berurutan dari juz 1 hingga selesai.

2 . TEKAD YANG KUAT = و من اراد الاخرة وسعى لها سعيها وهو مؤمن فاولئك كان سعيهم مشكورا

 Dan barangsiapa yang menhendaki  kehidupan akhirat dan berusaha ke arah itu dengan sungguh-sungguh sedang ia adalah mukmin, mka mereka itu adalah orang-orang yang usahanya di balasi dengan baik ”  ( QS. AL-ISRA’ : 19 )

3 . MENINGGALKAN MAKSIAT =  شكو ت الى وكيع سوء حفظي – فارشدني الى ترك المعاصي – وقال لي ان العلم نور – ونور الله لا يهدى لمعاصي

” Aku bertanya kepada WAKI’ tentang  buruknya hafalanku, maka ia memberi petunjuk kepadaku agar meninggalkan maksiat, WAKI’pun berkata  kepadaku, sesengguhnya ilmu itu cahaya, dan cahaya allah tidak akan di berikan kepada pelaku maksiat.

* imam syafi’i pun berintropeksi dri ttg brukx hafalanya ,ia teringat bahwa pada suatu waktu pernah mendaratkan pandangannya pada betis seorang wanita yang tersingkap pakaiannya akibat tertiup angin, ia sadar bahwa inilah penyebab buruknya hafalanku.

4 .  DORONGAN DARI DIRI SENDIRI BUKAN KARNA TERPAKSA

Ini adalah asas bagi setiap orang yang berusaha untuk menghafal Al-Quran. Sesungguhnya siapa yang mencari kelezatan dan    kebahagiaan ketika membaca Al-Quran maka dia akan mendapatkannya.

5 . MENGAHAFAL DENGAN SATU MUSHAF

Hal ini dikarenakan manusia dapat menghafal dengan melihat sebagaimana bisa menghafal dengan mendengar. Dengan membaca atau melihat maka akan terbekas dalam hati bentuk-bentuk ayat dan tempat-tempatnya dalam mushaf.

6 . MEMBACA AL-QUR’AN SECARA RUTIN = بئس ما لاحدهم ان يقول نسيت اية كيت و كيت بل نسي واستذكروا القران فانه اشد تفصيا من صدور الرجال من النعم

”  Alangkah jeleknya orang yang mengatakan, ‘ Aku telah lupa ayat yang ini dan yang itu”, padahal sebenarnya sengaja di lupakan . jagalah oleh kalian hafalan AL-QUR’AN, karna sesengguhnya ia lebih mudah terlepas dari dada manusia di bandingkan binatang.”

7 . MENGUNAKAN AYAT-AYAT AL-QUR’AN YANG TELAH DI HAFAL DI DALAM SHOLAT = يا عبد الله لا تكن مثل فلان كان يقوم الليل فترك قيام الليل

” Wahai Abdullah, janganlah engkau seperti si fulan, ia bangun di malam hari namun tidak sholat malam.”

8 .TIDAK BERPINDAH DARI AYAT LAIN ATAU SURAT LAIN SEBELUM HAFAL BENAR AYAT/SURAT TERSEBUT

Setelah sempurna satu surat dihafalkan, tidak sepantasnya berpindah ke surat lain kecuali setelah benar-benar sempurna hafalannya dan telah kokoh dalam dada.

9 .MENGULANG HAFALAN ATAU MUROJA’AH

Bersabda Rasulullah shallallahu `alaihi wa sallam : “Jagalah benar-benar Al-Quran ini, demi Yang jiwaku berada di Tangan-Nya, Al-Quran lebih cepat terlepas daripada onta yang terikat dari ikatannya.”

* Kita mengulang hafalan setiap hari minimum 2x lbih banyak dari hafalan kita , jika kita sudah selesai maka dia harus mengulang hafalanx minimum 3 juz perhari dan minimum 5 juz perhari.

10 . BERDO’A KEPADA ALLAH

Sebuah cara atau metode yang kita lakukan agar tidak mengecewakan seorang muslim lainnya , maka perbanyaklah berdo’a kepada allah dengan hati yang ikhlas dan jujur.

One thought on “Al-Qur’an

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s